Jumat, 10 Oktober 2014

Tasbih Cendana Warisan

Saya memiliki sebuah tasbih cendana yang merupakan pemberian dari Kakek kami. Tasbih ini entah sudah berapa tahun umurnya, karena merupakan tasbih yang biasa digunakan berzikir oleh kakek kami saat setelah sholat.


Tasbih ini terbuat dari kayu cendana dan hingga kini pun masih menyebarkan wangi cendana. Menurut referensi, kayu cendana bernuansa mistis dan meningkatkan kesadaran spiritual bagi pemakainya. Untuk hal-hal yang terkait spiritualitas, silakan saja dipahami dan dipercayai oleh masing-masing individu. Hal yang dapat saya percayai adalah ketika saya melihat seorang yang kesurupan, ketika dipukul dengan tasbih ini, seketika pingsan dan ketika sadar, sudah tidak lagi kerasukan. Pada tubuh orang yang kerasukan tersebut, terdapat tanda tasbih tersebut, padahal ketika dipukulkan, tidak digunakan tenaga yang terlalu keras.
Cerita dari kakek kami adalah saat beliau berjuang di pedalaman Kalimantan, beliau dibekali tasbih tersebut oleh seorang Kyai dari Jawa Timur, dan menurut penuturan almarhum, beberapa kali beliau merasa terselematkan dari kejaran musuh, setelah berzikir dengan menggunakan tasbih tersebut. Wallahu'alam.
Jika berkenan memiliki tasbih ini, yakni tasbih yang tinggal satu dan merupakan pemberian almarhum kakek kami, boleh menghubungi kami di 081310609365. Mengenai nama atau khasiat dari tasbih ini, terus terang saya tidak mengetahuinya.
Fakta yang ada, tasbih itu masih ada hingga kini dan saya simpan dengan baik; dan masih menebarkan bau harumnya ketika digunakan..